WAY KHILAU

SEJARAH BERDIRINYA KECAMATAN WAY KHILAU

Kecamatan Way Khilau merupakan hasil dari pemekaran Kecamatan Induk, Kecamatan Kedondong yang mana Kecamatan Kedondong awalnya berjumlah 22 desa kemudian dipecah menjadi Kecamatan Way Khilau dengan rincian Kecamatan Kedondong sebanyak 12 desa sementara Kecamatan Way Khilau sebanyak 10 desa.

Dasar Hukum Pembentukan Kecamatan Way Khilau berdasarkan PERDA (Peraturan Daerah) N0. 5 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kecamatan Marga Punduh dan Way Khilau. Pembentukan Kecamatan Way Khilau merupakan bagian dari Kabupaten Pesawaran serta tak lepas dari pembentukan Kabupaten Pesawaran yang telah dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 2007 Tanggal 10 Agustus 2007. Dengan Luas wilayah Kabupaten Pesawaran seluas: 117.377 Ha. Adapun Kecamatan Se-kabupaten Pesawaran terdiri dari 9 Kecamatan, salah satunya Kecamatan Way Khilau.

Peresmian Kecamatan Way Khilau dilaksanakan pada Hari Jumat, Tanggal 7 Desember 2012 bertempat di Balai Desa Gunung Sari yang diresmikan secara langsung oleh Bupati Pesawaran ARIES SANDI DARMA PUTRA, SH.,MH.  Adapun Balai Desa Gunung Sari setelah peresmian digunakan sementara untuk kegiatan Pemerintahan Kecamatan Way Khilau sambil menunggu pembangunan kantor baru Kecamatan Way Khilau yang rencananya beribukota  di Desa Kubu Batu  Kecamatan Way Khilau  Kabupaten Pesawaran.

Kecamatan Way Khilau memiliki Luas wilayah seluas: 62.798 km, dengan jumlah penduduk kecamatan way khilau sebanyak: 33.493 jiwa.

Adapun batas-batas kecamatan way khilau sebagai berikut:

  1. Sebelah barat perbatasan dengan Kabupaten Pringsewu-Kabupaten

        Tanggamus

  1. Sebelah utara perbatasan dengan Kabupaten Pringsewu
  2. Sebelah selatan perbatasan dengan Kecamatan Padang cermin
  3. Sebelah timur perbatasan dengan kecamatan kedondong

 

 

Kecamatan Way khilau dijabat oleh, A. RAZAK, S.Sos selaku Camat Pertama dan M. SUJONO,BA selaku Sekretaris Camat yang mendampinginya. Adapun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Kecamatan Way Khilau masih minim. Diantaranya MARZUKI selaku Kasi PMD, SYAMSULIDAR selaku Kasi Pemerintahan, HADI WIJAYA KESUMA, SH. Selaku Kasubbag umum, KHARUN ROHIM (Kasubbag Keuangan) dan IRWAN ROSA, SH. (Kasubbag Perencanaan). Serta dibantu oleh sekdes PNS 5 Desa yaitu BAHRUN (Suka Jaya), FATAHILLAH (Padang Cermin), ABDUL GOFUR (Mada Jaya), AZHARI SIHA (Tanjung Kerta) dan SUHAIBI (Kubu Batu).

Mengenai Tugas Pokok Dan Fungsi (TUPOKSI) Pegawai Kecamatan Way Khilau berdasarkan Peraturan Bupati Pesawaran No.19 Tahun 2009 tentang Uraian Tugas Jabatan Kecamatan Pada Kabupaten.

Kurun waktu berjalan jabatan sekretaris camat  Way Khilau, Berakhir dikarnakan masa pensiun M.Sujono, BA. Pada akhir Bulan Februari 2013. Kemudian digantikan oleh A. RADLI YASSER, S.Sos., MM.

Formasi pegawai PNS yang lainnya pun berubah dikarnakan mutasi di instansi lainnya yaitu Syamsulidar pindah ke UPT  Pasar Kecamatan Kedondong dan Hadi Wijaya Kesuma, SH pindah ke Dinas Pertanian Kabupaten pesawaran.

Dikarenakan minimnya pegawai Kecamatan Way Khilau maka Tenaga Harian Lepas Suka Rela (THLS) diberdayakan untuk mengisi kekosongan tersebut diantaranya : IBRAHIM, S.Si (Staf Kasubbag Umum) NEVA CAHYATI (Staf Kasi Pembangunan Desa), YULIA UTAMI (Staf Kasi Pemerintahan), ALMUHADDI (Staf Kasubbag Perencanaan), NILA DESTIANA  (Staf Kasubbag Keuangan) dan SUPRIYANTI (Staf Kasi Pemerintahan).

Pada Bulan Juni 2013 Sekretaris Camat Way Khilau kembali mengalami pergantian, dijabat oleh ALI KHAIDIR, SE. Semantara Pegawai Kasubbag Perencanaan mengajukan izin untuk menjadi calon Kepala Desa Kedondong dan akhirnya terpilih menjadi kepala desa kedondong, sehingga kecamatan way khilau tidak ada pegawai (PNS)  di Kasubbag Perencanaan. Dan Kasi Pemerintahan dijabat oleh ANSORI,S.SOS S. Sampai Bulan Desember 2013.

Pada Tanggal 27 Desember 2013 terjadi acara pelantikan untuk Kecamatan Way Khilau mengalami pergantian Camat Way Khilau dari A. RAZAK S.Sos Kepada Hi. MUNTASIR SP., MM yang dilantik oleh Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra, SH, MH secara Langsung. Pelantikan tersebut beserta jajaran Kecamatan Way Khilau lainnya diantaranya DARWIN, SE. (Kasi Pemerintahan ) M.ROHIMI EDWIN S.SOS (Kasi Pelayanan Umum) ALIMUDIN , S.Pd (Kasi Kesos ) RESTU, SE (Kasi Trantib ).

Pada Bulan Januari 2014 dilakukan Serah Terima Jabatan (sertijab ) Dari camat lama ke camat yang baru Hi.MUNTASIR , SP.MM.  Sementara pegawai PNS atas nama M.ROHIMI EDWIN, S.Sos Dalam kasi pelayanan selaku kasi pelayanan umum meninggal dunia pada Tanggal 23 September 2014 dikarnakan sakit diabetes.

 

 

Pada Tanggal 30 Oktober 2014 mengalami perubahan struktur Sekretaris Camat dari ALI KHAIDIR,SE kepada M. SALEH, SE selaku Sekretaris Camat sekarang,  M.NAZAM RONI, SE. Selaku Kasi Pemerintahan, dan MUNTAZIR S,Sos selaku Kasi trantib, serta HAIDIR FHASA, S.Pd.I sebagai Kasubbag Umum.

Pada Tanggal 08 Januari 2015 Kecamatan Way Khilau melakukan acara peresmian penempatan ke Kantor Baru Camat Way Khilau yaitu di Desa Kubu Batu karena gedung sudah selesai dan disiap dihuni yang diresmikan oleh Bupati Pesawaran secara langsung. Sehingga sekarang pemerintahan Kecamatan Way Khilau sudah berkantor dan beraktifitas di kantor Camat Way Khilau yang Baru.

Pada Tanggal 03 Januari 2017,  Drs. Ahmad Rosani, M.Pd,  dilantik selaku Camat Way Khilau berdasarkan perubahan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Pesawaran. Selanjutnya pada Tanggal   28 Januari 2017 dilantik M. Nazam Roni, S.E (selaku Sekcam), Wahyan, S.E, MM. (Selaku Kasi Pemerintahan), Marzuki (selaku Kasi PMD), Alimudin, S.Pd (selaku Kasi Kesos), Eko Purwianto (selaku Kasi Trantib).

 

Demikian sejarah singkat tentang kecamatan Way khilau.